Hukum Aqiqah Anak Laki – Laki dan Perempuan

Pages

Hukum Aqiqah Anak Laki – Laki dan Perempuan


Hukum Aqiqah Anak Laki – Laki dan Perempuan

Perlu diketahui bahwa bayi yang lahir di dunia ini merupakan barang gadaian dan harus ditebus melalui aqiqah. Aqiqah atau al akikah selain bermakna menebus juga bisa dijadikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas lahirnya seorang anak. Syarat kambing aqiqah untuk anak laki-laki dan anak perempuan berbeda, untuk anak laki-laki disunnahkan menyembelih dua ekor kambing dan untuk anak perempuan cukup satu ekor kambing. Untuk jenis kambingnya boleh menyembelih kambing jantan atau betina.

Baca Juga : Hukum Makan Pembagian Daging dan Tasyakuran Aqiqah

Terkait hukumnya, ada beberapa perbedaan pendapat bahwa aqiqah hukumnya wajib, sunnah, dan sunnah muakkad. Akan tetapi para ulama kontemporer berpendapat bahwa aqiqah hukumnya sunnah muakkad, sehingga sangat dianjurkan bagi seorang muslim untuk melaksanakannya.

Dalil yang mendasari pelaksanaan aqiqah

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ

“Artinya: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan mereka agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan.”

Di jaman yang modern dan super sibuk ini pasti banyak orang yang tidak sempat mempersiapkan keperluan untuk aqiqah, oleh sebab itu muncul banyak jasa layanan aqiqah yang menawarkan berbagai macam paket. Paket yang biasa ditawarkan seperti paket menu nasi box yang praktis, paket menu gulai dan sate, aqiqah prasmanan dan masih banyak lagi. Pada dasarnya boleh saja melaksanakan aqiqah dengan menggunakan jasa layanan aqiqah online, hanya saja kita juga harus mencari tahu bahwa aqiqah yang akan kita gunakan jasanya paham atau tidak terkait pelaksanaan aqiqah dalam ajaran agama.

Sakinah Aqiqah Surabaya merupakan salah satu layanan jasa aqiqah yang berada di Surabaya dan mampu membantu mempersiapkan kebutuhan aqiqah, mulai dari memotong kambing akikah, membersihkan, dan mengolahnya. Kami siap melayani pemesanan aqiqah Surabaya, aqiqah Sidoajo, aqiqah Mojokerjo dan Aqiqah Bangkalan. Untuk mengetahui menu dan harga serta promo yang ada, maka anda bisa langsung menghubungi nomor berikut.

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel       : 085 1050 200 60
XL                   : 08785 333 0305
Indosat / WA : 085 6488 110 35

Anda juga bisa langsung datang ke kantor kami di alamat Jl Jambangan Kebonagung 2 No 19/ kavling 9, Surabaya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar