Hadits Jual Beli Kambing Aqiqah

Pages

Hadits Jual Beli Kambing Aqiqah


Hadits Jual Beli Kambing Aqiqah

Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah. Hadits di bawah dengan lafazh dari Imam Bukhari:

Telah bercerita kepada kami 'Ali bin Abdullah telah mengabarkan kepada kami Sufyan telah bercerita kepada kami Syabib bin Gharfadah berkata, aku mendengar orang-orang dari qabilahku yang bercerita dari 'Urwah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memberinya satu dinar untuk dibelikan seekor kambing, dengan uang itu ia beli dua ekor kambing, kemudian salah satunya dijual seharga satu dinar, lalu dia menemui beliau dengan membawa seekor kambing dan uang satu dinar. Maka beliau mendoa'akan dia keberkahan dalam jual belinya itu". Sungguh dia apabila berdagang debu sekalipun, pasti mendapatkan untung".

Sufyan berkata; "Adalah Al Hasan bin 'Umarah yang datang kepada kami dengan membawa hadits ini darinya (dari Syabib). Katanya (Al Hasan); " Syabib mendengar hadits ini dari 'Urwah, maka aku (Sufyan) menemui Syabib lantas dia berkata; "Aku tidak mendengarnya dari 'Urwah". Syabib berkata; "Aku mendengarnya dari orang-orang yang mengabarkan hadits darinya namun aku mendengar dia berkata, Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kebaikan senantiasa terikat dengan ubun-ubun kuda hingga hari qiyamat". Dia Syabib berkata; "Sungguh aku telah melihat di rumahnya ada tujuh puluh ekor kuda". Sufyan berkata; "Dia ('Urwah) membeli seekor kambing untuk beliau shallallahu 'alaihi wasallam sepertinya untuk keperluan hewan kurban".

Baca Juga : Hukum Aqiqah Anak Laki – Laki dan Perempuan

Salah satu hal yang bisa ditarik dari hadits ini adalah bahwa harga kambing pada zaman Rasulullah adalah senilai dengan satu dinar (sekitar 4,25gram emas, sekitar Rp 2,1 juta). Dan sekarang inipun harga kambing sekitar 2 juta rupiah juga. Demikianlah uang emas yang nilainya selalu stabil dari masa ke masa.

Sakinah Aqiqah Surabaya adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah Surabaya termasuk Sidoarjo, Bangkalan, dan Mojokerto. Kami mulai beroperasi sejak tahun 2010, namun sudah berpengalaman dalam bidang ini sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan sampai sekarang. Kami menyediakan berbagai macam paket, seperti paket nasi box aqiqah, paket prasmanan, dan masih banyak lagi. Anda yang membutuhkan jasa aqiqah bisa langsung menghubungi :

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar