Cara Aqiqah Sesuai Syariah

Pages

Cara Aqiqah Sesuai Syariah


Cara Aqiqah Sesuai Syariah

Aqiqah merupakan penyembelihan kambing di hari ketujuh bayi dilahirkan yang disertai dengan pemberian nama dan pencukuran rambut. Syariat aqiqah yang sudah ditetapkan ketentuannya didasarkan pada dalil yang shahih, dan merupakan petunjuk bahwa kelahiran bayi mengandung banyak makna dan hikmah.

Rasulullah Saw. bersabda, “Setiap anak yang lahir tergadai dengan aqiqahnya, sembelihlah (kambing) di hari ke tujuh, berilah nama dan cukurlah rambutnya.” (H.R. Al-Khamsah)

Berdasarkan hadits di atas, waktu pelaksanaan aqiqah adalah pada hari ke-tujuh. Taklif (beban) hukum pelaksanaan aqiqah ditujukan kepada orang tua bukan pada sang bayi dan itupun hukumnya belum sampai taraf wajib. Dengan demikian, tidak perlu kiranya mengaqiqahi diri sendiri ketika sudah dewasa apabila saat kecil orang tua belum sempat melaksanakannya.

Baca Juga : Hadits Jual Beli Kambing Aqiqah

Meski demikian, diriwayatkan oleh Anas r.a. bahwasannya Nabi Muhammad SAW. meng-aqiqah-i dirinya sendiri setelah nubuwwah (diangkat sebagai nabi), (H.R. Al-Baihaqi). Oleh sebab itu maka boleh-boleh saja apabila oang dewasa yang belum di-aqiqahi oleh orang tuanya melaksanakan aqiqahnya sendiri ketika dia merasa mampu untuk itu.

Adapun mengenai pembagian daging sembelihan, sejauh ini belum ditemukan hadits yang merinci hal tersebut. Untuk sementara, boleh-boleh saja daging dibagikan dalam keadaan mentah atau masak. Hal serupa berlaku pada cara pembagian kambing tersebut, baik dikirim kepada tetangga atau mengundang mereka untuk berkumpul dan makan bersama dengan didahului tausiah. Meski demikian, kita harus berhati-hati agar jangan sampai pengajian tersebut dianggap sebagai syari’at aqiqah.

Sakinah Aqiqah Surabaya adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah Surabaya termasuk Sidoarjo, Bangkalan, dan Mojokerto. Kami mulai beroperasi sejak tahun 2010, namun sudah berpengalaman dalam bidang ini sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan sampai sekarang. Kami menyediakan berbagai macam paket, seperti paket nasi box aqiqah, paket prasmanan, dan masih banyak lagi. Anda yang membutuhkan jasa aqiqah bisa langsung menghubungi :

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35

Tidak ada komentar :

Posting Komentar