Dalil – Dalil Seputar Aqiqah

Pages

Dalil – Dalil Seputar Aqiqah


Dalil – Dalil Seputar Aqiqah

Dalam Al-Qur’an lebih banyak dalil yang membahas hal yang berhubungan dengan qurban daripada Aqiqah. Namun inilah ayat-ayat yang sering dibacakan ketika pelaksanaan aqiqah adalah sebagai berikut.

1.     S Al Israa ayat 23-24
2.     S Yusuf ayat 64
3.     S Al-Hijr ayat 17
4.     S Al-Mukminun ayat 12-14

Pelaksanaan Aqiqah lebih banyak dibahas dalam riwayat-riwayat hadits. Berikut beberapa riwayat yang berhubungan dengan perintah Aqiqah :

Pertama

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, beliau berkata : Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
مع الغلام عقيقه فأهريقوا عنه دما وأميطوا عنه الأذى

“Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka hendak sembelihlah hewan dan hilangkan semua gangguan darinya.” (Hadits Riwayat Bukhari (5472).

yang dimaksud dengan menghilangkan gangguan adalah dengan mencukur rambut bayi.

Kedua

Dari Samurah bin Jundab, beliau berkata: Rasulullah SAW bersabda

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya, yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (Kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya”.

Ketiga

Dari Aisyah RA, beliau berkata bawasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing dan bayi perempuan satu kambing.” (Shahih. Hadits Riwayat Ahmad (2/31, 158,251), Tirmidzi (1513), ibnu Majah (3163), dengan sanad Hasan).


Keempat

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَقَّ عَنْ اَلْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا

Dari Ibnu Abbas RA : Beliau berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda “Menaqiqahi Hasan dan Husain dengan masing-masing satu ekor kambing kibas.”

Kelima

Dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya berkata Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.”

Keenam

Dari Fatimah Binti Muhammada berkta ketika melahirkan Hasan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda “Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang miskin seberat timbangan rambutnya”

Anda membutuhkan jasa aqiqah? Sakinah Aqiqah Surabaya menyediakan paket aqiqah terbaik yang praktis dan ekonomis. Apabila anda bingung dan ingin bertanya tentang paket yang ditawarkan, anda bisa langsung menghubungi nomor Sakinah AqiqahSurabaya di bawah ini

Untuk via telpon dan SMS, bisa menghubungi call center aqiqah surabaya ‘sakinah’ di nomor berikut :

·       Telkomsel  : 085 1050 200 60 / 085 1080 200 61
·       Indosat           : 085 6488 110 35
·       XL                  : 08785 333 0305

Untuk via Whats App (WA) Sakinah Aqiqah bisa di nomor berikut
·       085 6488 110 35
·       08785 333 0305

1 komentar :

  1. As talked about, every variation requires utilization of} a slightly completely different tactic to extend the percentages, however there are widespread suggestions that apply to more video poker games than not. 메리트카지노 In most situations avoid holding on to a three card straight or a three card flush, almost by no means maintain a kicker, and if you are taking part in} Deuces Wild, don’t discard a deuce. As talked about above, video poker is the only on line casino sport that lets you you to|that permits you to} see the true payback for the complete methods to win upfront. Most video poker machines show a pay table at the prime of the screen.

    BalasHapus