Perbedaan Tujuan Aqiqah dan Qurban

Perbedaan Tujuan Aqiqah dan Qurban

Perbedaan Tujuan Aqiqah dan Qurban


Qurban dan aqiqah adalah dua ibadah sunnah yang sama-sama dilakukan dengan cara menyembelih hewan. Kedua sunnah ini sering dianggap sama oleh banyak orang. Akan tetapi pada kenyataannya ada beberapa perbedaan antara qurban dan aqiqah yang cukup mendasar. Apa sajakah perbedaan qurban dan aqiqah tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak uraian berikut ini!

Perbedaan tujuan
Perbedaan qurban dan aqiqah yang pertama terletak pada tujuan dilaksanakannya. Tujuan qurban adalah untuk mengikuti peristiwa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS yang akan mengqurbankan anaknya karena diminta oleh Allah. Sementara tujuan aqiqah adalah sebagai sebagai penebus yang dilakukan orang tua atas lahirnya anak mereka.
Perbedaan penerimaan daging
Daging qurban dibagikan kepada mereka yang tergolong fakir dan miskin dalam keadaan mentah, sedangkan daging aqiqah boleh dibagikan kepada siapapun akan tetapi dalam keadaan sudah matang. Akan tetapi baiknya kedua daging tersebut utamanya memang diberikan kepada mereka yang tergolong fakir dan miskin.


Aqiqah Surabaya Utara, Aqiqah Murah Daerah Surabaya, Aqiqah Jambangan Surabaya, Aqiqah Di Surabaya Yang Enak


Perbedaan waktu dan jumlah pelaksanaan
Qurban dapat dilakukan pada bulan Djulhijah tepatnya pada tanggal 9, 10, 11, dan 12 Djulhijah. Qurban pun boleh dilaksanakan setiap tahun bagi mereka yang memiliki yang mampu da ikhlas melaksanakannya. Sedangkan aqiqah hanya dilakukan sekali, tepatnya pada hari ke 7 pasca kelahiran bayi.

Perbedaan jenis hewan saat qurban dan aqiqah
Ketika melaksanakan qurban, hewan yang boleh disembelih adalah semua hewan berkaki empat yang dagingnya halal, seperti sapi, rusa, kerbau, onta, kambing, dan lain sebagainya. Sedangkan hewan yang boleh disembelih saat aqiqah hanyalah kambing dan domba.


Perbedaan aturan jumlah hewan
Antara aqiqah dan qurban memiliki ketentuan yang berbeda terkait jumlah hewan yang akan disembelih. Dalam qurban, seseorang boleh menyembelih 1 ekor kambing untuk qurban dirinya sendiri, sedangkan jika yang disembelih adalah hewan besar seperti sapi, unta, atau kerbau, maka qurban dapat diatas namakan oleh 7 orang. Berbeda dengan qurban, dalam aqiqah orang tua dianjurkan menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.



Catering Aqiqah Surabaya, Aqiqah Dua Ekor Kambing, Catering Aqiqah Di Surabaya, Aqiqah Kambing Untuk Anak Lelaki


Perbedaan upah penyembelihan
Seseorang yang menyembelih hewan qurban tidak memperoleh upah atas pekerjaannya. Sedangkan penyembelih hewan aqiqah boleh meminta atau menerima upah atas pekerjaanya.

Setelah anda membaca artikel di atas tentu anda mendapatkan wawasan baru bahwa sebenarnya aqiqah dan qurban memiliki banyak perbedaan, baik dari tujuan maupun dalam pelaksanaan. Untuk itu, bagi anda yang merasa ingin melaksanakan aqiqah karena tidak tahu bahwa aqiqah dan qurban memiliki tujuan yang berbeda, anda bisa mengandalkan Sakinah Aqiqah Surabaya, jasa layanan aqiqah professional di Surabaya. Untuk informasi yang lebih jelas anda bisa langsung menghubungi nomor di bawah ini

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar