Rukun dan Risalah Aqiqah

Pages

Rukun dan Risalah Aqiqah


Rukun dan Risalah Aqiqah

Banyak yang bertanya terkait “Rukun Aqiqah”, seperti halnya ibadah sholat yang memang jelas memiliki rukun dan diajarkan dari zaman dulu oleh para mazhab.

Lalu bagaimana dengan aqiqah? Seperti kebanyakan masyarakat yang mungkin tidak terlalu paham atau bahkan tidak paham sehingga melaksanakan aqiqah dengan membuat acara aqiqah pada hari kesekian, mengundang ustadz untuk berceramah, dan ada yang ini ada yang itu. Sehingga pelaksanaannya menjadi berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain. Padahal dalam hadits yang ada hanya disebutkan “Rasulullah mengaqiqahi Al-Hasan  dan Al-Husain dengan kambing kibas. Ada yang ditambahi “dan diberi nama dan dibersihkan rambutnya dari kotoran”.” Apabila kita paham dengan hadits tersebut, maka pelaksanaan aqiqah sebenarnya cukup mudah dan ringkas untuk dilaksanakan.

Baca Juga : Susunan Acara Akikah Anak Laki Laki dan Perempuan Menurut Islam

Pastinya aqiqah harus ada kambing yang disembelih. Disebutkan dalam hadits hewan aqiqah adalah kambing, bukan ayam, kelinci, rusa atau kuda. Para sahabat, tabiin, tabiut tabiin tidak ada yang mengatakan boleh menyembelih hewan aqiqah selain kambing. Berdasarkan para ulama, hal itu adalah sunnah. Jika hal tersebut merupakan hal yang baik, maka tentu mereka semua (Nabi, para sahabat, tabiin dan tabiut tabiin) mengerjakannya lebih dahulu.

Risalah aqiqah adalah salah satu syiar Islam. Lakukanlah dengan sebaik-baiknya, dengan niat ikhlas hanya untuk Allah, dan mencontoh mengikuti tuntunan Rosulullah SAW. Jangan memasukan hal yang bukan dari ajaran agama ke dalam ritual ibadah karena hal tersebut adalah terlarang.

Sakinah Aqiqah Surabaya adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah Surabaya termasuk Sidoarjo, Bangkalan, dan Mojokerto. Kami mulai beroperasi sejak tahun 2010, namun sudah berpengalaman dalam bidang ini sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan sampai sekarang. Kami menyediakan berbagai macam paket, seperti paket nasi box aqiqah, paket prasmanan, dan masih banyak lagi. Anda yang membutuhkan jasa aqiqah bisa langsung menghubungi :

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar