Hukum Makan Pembagian Daging dan Tasyakuran Aqiqah

Pages

Hukum Makan Pembagian Daging dan Tasyakuran Aqiqah


Hukum Makan Pembagian Daging dan Tasyakuran Aqiqah

Apakah boleh bagi seorang muslim ketika melaksanakan aqiqah mereka memasak lalu mengundang saudara-saudaranya kaum muslimin ke acara (makan-makan) tersebut ?
Jawab :
Sesuai dengan hadits riwayat Abu Daud

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ

“Artinya: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan mereka agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan.”

Rasulullah SAW telah mensyariatkan aqiqah untuk menyembelih dua ekor kambing  untuk anak laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Baca Juga : Hukum Memesan Aqiqah Pada Jasa Layanan Aqiqah

Sebagaimana juga disyariatkan untuk memakan, memberi hadiah, dan memberikan sedekah dari aqiqah tersebut. Jika orang yang melaksanakan aqiqah untuk anaknya mengundang sebagian saudara-saudaranya kaum muslimin, lalu memakan masakan tersebut bersama, maka dalam hal ini tidak ada sesuatu yang dilarang, bahkan ini termasuk kedalam berbuatan ihsan (berbuat baik). Namun berbeda ketika seseorang memasak masakan tersebut secara berulang-ulang setiap tahun dan bermaksut melakukan perayaan hari ulang tahun, hal tersebut tidak ada dalam syariat islam dan jika dilakukan maka hal tersebut termasuk bid’ah.

Begitulah penjelasan singkat terkait hukum makan daging aqiqah, semoga apa yang disampaikan dapat memberikan wawasan dan informasi kepada setiap muslim yang membacanya.

Sakinah Aqiqah Surabaya adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah Surabaya termasuk Sidoarjo, Bangkalan, dan Mojokerto. Kami mulai beroperasi sejak tahun 2010, namun sudah berpengalaman dalam bidang ini sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan sampai sekarang. Kami menyediakan berbagai macam paket, seperti paket nasi box aqiqah, paket prasmanan, dan masih banyak lagi. Anda yang membutuhkan jasa aqiqah bisa langsung menghubungi :

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar