Aqiqah dengan Kambing atau Sapi?

Aqiqah dengan Kambing atau Sapi?


Aqiqah dengan Kambing atau Sapi?

Dalam pelaksanaan aqiqah disunnahkan untuk menyembelih kambing, bagi anak lak-laki berjumlah dua ekor dan untuk anak perempuan cukup satu ekor sebagaimana dalam hadits aqiqah yang shahih dan populer. Tapi jumhur ulama dari madzhab Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah memperbolehkan untuk melakukan aqiqah dengan menyembelih onta atau sapi. Akan tetapi dalil tentang bolehnya aqiqah dengan onta atau sapi ini tidak tegas atau tidak jelas dari sunnah Rasulullah, namun mereka berdalil dengan menyamakan hukum pelaksanaan aqiqah dengan pelaksanaan qurban. Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Yang dibolehkan dalam perkara aqiqah adalah yang juga dibolehkan dalam perkara hewan kurban”. (Al-Majmu’: 8/429).

Tapi dengan syarat bahwa sapi yang boleh disembelih untuk aqiqah tersebut sudah berumur dua tahun dan telah masuk pada tahun ketiga, sedangkan untuk onta yang akan disembelih harus berumur lima tahun keatas. Apabila umur hewan qurban tidak memenuhi persyaratan di atas maka tidak diperbolehkan, sebagai bentuk qiyas atau penyamaan hukum dengan sifat hewan kurban.


Dan boleh bagi yang melaksanakan aqiqah dengan hanya mengambil sepertujuh dari daging onta atau sapi tersebut untuk aqiqah, sebab nilai tersebut setara dengan satu ekor kambing. Juga diperbolehkan bekerjasama dalam melaksanakan aqiqah ini, misalnya si M, N dan O masing-masing memiliki satu anak, sepakat untuk menyembelih satu ekor sapi yang dijadikan sebagai hewan aqiqah untuk ketiga anak tersebut.

Bahkan Imam Nawawi rahimahullah menyebutkan bahwa yang paling utama dalam Madzhab Syafii adalah lebih mengutamakan aqiqah dengan sapi atau onta dibandingkan dengan kambing sebagaimana dalam Al-Majmu’: 8/430, tentunya dengan dalil mengqiyaskan atau menyamakan hukumnya dengan hewan kurban, yang mana yang paling utama dalam kurban adalah onta, kemudian sapi, dan selanjutnya kambing.

Akan tetapi menurut pendapat para ulama, hewan ternak yang paling utama digunakan untuk aqiqah adalah kambing, sebab hampir disemua dalil aqiqah menyebutkan kata kambing dan bukan kata sapi atau onta.

Itulah penjelasan singkat terkait hewan apa yang harusnya disembelih saat aqiqah, semoga informasi tersebut bisa menjawab rasa penasaran anda selama ini. Dan bagi Anda yang bertempat tinggal di Surabaya serta ingin melaksanakan aqiqah, Sakinah Aqiqah Surabaya menawarkan jasa layanan aqiqah dan cathering untuk acara aqiqah anak. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan terkait paket aqiqah atau penyembelihan kambing aqiqah, anda bisa langsung menghubungi call center Sakinah Aqiqah Surabaya.

Untuk via telpon dan SMS, bisa menghubungi call center Aqiqah Surabaya ‘Sakinah’ di nomor berikut :

ü  Telkomsel       : 085 1050 200 60 / 085 1080 200 61
ü  Indosat            : 085 6488 110 35
ü  XL                   : 08785 333 0305

Untuk via Whats App (WA) Sakinah Aqiqah bisa di nomor berikut :
ü  Indosat            : 085 6488 110 35
ü  XL                   : 08785 333 0305

Tidak ada komentar :

Posting Komentar