Apa Itu Hikmah dan Hadits Aqiqah?

Pages

Apa Itu Hikmah dan Hadits Aqiqah?


Apa Itu Hikmah dan Hadits Aqiqah?

Menurut Syaikh Abdullah nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Aqiqiah atau Al Akikah memiliki beberapa hikmah (dan hadits aqiqah).

1.     Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim AS tatkala Allah SWT menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail AS.
2.     Aqiqah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu bayi yang lahir di dunia, dan hal tersebut sesuai dengan makna hadits tentang aqiqah berikut :
“Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.”. Sehingga Anak yang telah ditunaikan aqiqahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Al Imam Ibunu Al Qayyim Al Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari syaithan tergadai oleh aqiqahnya”.
3.     Aqiqah merupakan tebusan gadai anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan. Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan: “Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya)”.
4.     Merupakan salah satu bentuk taqarrub atau pendekatan diri umat muslim kepada Allah SWT sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang dianugerahkan Allah SWT dengan lahirnya anak.
5.     Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
6.     Aqiqah untuk memperkuat ukhuwah atau persaudaraan diantara masyarakat dan umat muslim lainnya.

Baca Juga : Bolehkah Hewan Aqiqah Dibelikan oleh Selain Orang Tua?

Dengan mengetahui hikmah di atas tentu anda menjadi semakin yakin dalam melaksanakan aqiqah untuk buah hati. Untuk mempermudah pelaksanaanya anda bisa menggunakan layanan jasa aqiqah kami, yaitu Sakinah Aqiqah Surabaya yang sudah berpengalaman sejak 2006 dan mampu membantu anda dalam menyemelih, memotong, membersihkan serta mengolah daging kambing aqiqah baik jantan maupun betina. Selain itu kami juga menawarkan beberapa paket, seperti paket nasi box aqiqah, paket prasmanan aqiqah, paket gulai dan sate aqiqah dan masih banyak lagi. Untuk info harga dan promo Anda bisa langsung menghubungi nomor berikut :

PEMESANAN AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar