Adab Memotong Rambut Bayi Baru Lahir

Adab Memotong Rambut Bayi Baru Lahir


Adab Memotong Rambut Bayi Baru Lahir

“Seorang anak yang baru lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelih darinya (kambing) pada hari ketujuh kelahirannya, dicukur rambutnya dan diberi nama” (HR. An-Nasa’I, Abu Dawud dan At-Tirmidzi

“Setiap anak ada aqiqahnya, semebelihlah aqiaqah untuknya dan buanglah kotoran darinya” (HR. Bukhari). Makna “buanglah kotoran darinya” ialah mencukur rambut bayi.

Terkait dengan mencukur rambutbayi seperti yang ada dalam hadits di atas boleh dilakukan kapan saja, baik itu sebelum aqiqah maupun setelah aqiqah. Karena pada dasarnya hukum mencukur rambut bayi pada hari ketujuh kelahiran adalah sunnah muakkad (baik untuk bayi laki-laki dan bayi perempuan) bukan wajib. Dalam hadits juga disebutkan bahwa setelah mencukur rambut bayi disunnahkan untuk bersedekah berupa emas atau perak seberat rambut bayi. Dan ketentuan bersedekah boleh kapan saja, sebab tidak ada hadits yang menjelaskan terkait hal tersebut, hanya saja lebih baik dilaksanakan segera setelah mencukur.


Dalam pelaksanaan mencukur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah bahwa Rasulullah SAW melarang untuk melakukan Al-Qaz’u, yaitu mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian yang lainnya. Sebagaimana yang  diceritakan ibnu ‘Umar RA:

“Rasulullah SAW melarang qoza’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebagai contoh yang termasuk kedalam Al-Qaz’u adalah
1.     Mencukur rambut secara acak (tidak beraturan).
2.     Mencukur rambut di bagian tengah kepalanya saja dan membiarkan rambut dibagian sisi kanan dan kiri kepala, atau sebaliknya.
3.     Mencukur rambut bagian depan kepala dan membiarkan bagian belakangnya.

Adapun manfaat dari mencukur rambut bayi tersebut, Ibnu Al-Qayyim berkata : mencukur rambut bayi merupakan perintah Rasulullah SAW untuk menghilangkan kotoran, dengan hal tersebut maka rambut yang jelak atau lemah akan tergantikan dengan rambut yang kuat dan lebih bermanfaat bagi kepala dan lebih meringankan bagi si bayi. Mencukur rambut juga berguna untuk membuka lubang pori-pori yang ada di kepala supaya gelombang panas bisa dengan mudah keluar melaluinya.

Sakinah Aqiqah Surabaya adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah Surabaya termasuk Sidoarjo, Bangkalan, dan Mojokerto. Kami mulai beroperasi sejak tahun 2010, namun sudah berpengalaman dalam bidang ini sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan sampai sekarang. Kami menyediakan berbagai macam paket, seperti paket nasi box aqiqah, paket prasmanan, dan masih banyak lagi. Anda yang membutuhkan jasa aqiqah bisa langsung menghubungi :

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar