Aqiqah Hukumnya Wajib atau Sunnah?

Pages

Aqiqah Hukumnya Wajib atau Sunnah?

Aqiqah Hukumnya Wajib atau Sunnah?

Aqiqah atau al akikah merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah atas lahirnya seorang anak. Syarat kambing aqiqah untuk anak laki-laki dan anak perempuan berbeda, untuk anak laki-laki disunnahkan menyembelih dua ekor kambing sedangkan untuk anak perempuan cukup satu ekor kambing.
Sesuai dengan hadits riwayat Abu Daud

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ

“Artinya: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan mereka agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan.”

Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah aqiqah itu wajib atau sunnah?

Hadits yang mendasari pelaksanaan aqiqah antara lain

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى

“Artinya: Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur habis rambutnya, dan diberi nama.”

Ada tiga pendapat dari ulama terkait hukum aqiqah yaitu ada yang berpendapat bahwa aqiqah wajib, aqiqah sunnah mu’akkad dan juga aqiqah sunnah. Akan tetapi para ulama kontemporer memfatwakan bahwa aqiqah hukumnya sunnah mu’akkad, yang maksutnya adalah sangat dianjurkan untuk dikerjakan.


Keutamaan dari pelaksanakan aqiqah

Akikah sebagai sarana untuk menampakkan rasa gembira di dalam melaksanakan suatu syari’at Islam & juga bertambahnya keturunan kaum mukmin. Sehingga yang akan memperbanyak umat dari Rasulullah SAW pada hari kiamat nanti. Akikah juga merupakan suatu bentuk pendekatan diri kepada Allah dengan melakukan ibadah berbagi rejeki dengan kaum yang tidak mampu.

Begitulah uraian singkat yang Sakinah Aqiqah Surabaya ringkas terkait hukum aqiqah, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Dan untuk anda yang bertempat tinggal di Surabaya dan sudah membaca artikel ini serta paham terkait tata cara aqiqah namun belum berani untuk melakukan penyembelihan kambing aqiqah sendiri, Sakinah Aqiqah Surabaya menawarkan jasa layanan aqiqah dan cathering untuk acara aqiqah anak. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan terkait paket aqiqah atau penyembelihan kambing aqiqah, anda bisa langsung menghubungi call center Sakinah Aqiqah Surabaya di bawah ini

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60 / 085 1080 200 61
Indosat           : 085 6488 110 35
XL                 : 08785 333 0305


Tidak ada komentar :

Posting Komentar