Berapa Kambing untuk Aqiqah Anak Kembar?

Pages

Berapa Kambing untuk Aqiqah Anak Kembar?

Berapa Kambing untuk Aqiqah Anak Kembar?

Setiap kali seseorang melahirkan anak, baik anak laki-laki atau anak perempuan, maka dianjurkan melaksanakan aqiqah untuk anak tersebut. Jika anak tersebut laki-laki, dianjurkan aqiqah dengan dua ekor kambing, dan cukup satu ekor kambing untuk anak perempuan. Lalu, bagaimana jika secara kebetulan seseorang melahirkan anak kembar, apakah dia harus mengakikahi masing-masing anak tersebut, atau hanya cukup mengakikahi salah satunya saja?
Dalam kitab Fathul Qarib karya Muhammad bin Alqasim disebutkan bahwa aqiqah dianjurkan untuk masing-masing anak.

وتتعدد العقيقة بتعدد الاولاد

“Jumlah bilangan aqiqah sesuai dengan jumlah bilangan anak.”

Begitu juga dengan anak kembar. Jika anak kembar tersebut berjumlah dua, maka diaqiqahi masing-masing keduanya. Karena dalam aqiqah, yang menjadi tolak ukur adalah jumlah anak, bukan kapan waktu lahirnya.


Terkait jumlah hewan kambing yang dijadikan aqiqah untuk anak kembar, tetap disesuaikan dengan jenis kelamin dari masing-masing anak tersebut. Jika anak laki-laki disunnahkan menyembelih dua ekor kambing, sementara untuk anak perempuan cukup menyembelih satu ekor kambing. Sehingga jika ada dua anak kembar dan semuanya berjenis kelamin perempuan, maka jumlah hewan akikah yang dbutuhkan sebanyak dua ekor kambing. Dan begitu selanjutnya, menyesuaikan jenis kelamin bayi.

Tentu akan sedikit sulit bagi anda yang bertempat tinggal di kota besar seperti Surabaya dan secara kebetulan melahirkan anak kembar, maka anda membutuhkan kambing dua kali lipat dan juga energi ekstra ketika mengolah dan menyembelihnya. Sakinah Aqiqah Surabaya merupakan satu dari banyak jasa layanan aqiqah surabaya yang sudah berpengalaman dan menangani banyak pelanggan, sehingga untuk anda yang bertempat tinggal di Surabaya serta akan melaksanakan aqiqah, anda bisa langsung mengubungi  Sakinah Aqiqah Surabaya, untuk lebih jelasnya terkait jenis kambing, harga maupun promo, anda bisa langsung menghubungi nomor berikut

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar