Hukum Akikah dengan Catering

Pages

Hukum Akikah dengan Catering


Hukum Akikah dengan Catering

Munculnya jasa penyedia paket catering aqiqah tentu sangat membantu umat muslim. Umat muslim yang akan melaksanakan aqiqah tidak perlu kerepotan mempersiapkan penyembelihan serta pengolahan. Akan tetapi muculnya layanan catering akikah tentu menimbulkan pertanyaan terkait hukum dari olehan itu sendiri. Oleh sebab itu, Sakinah Aqiqah Surabaya akan merangkum beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Baca Juga : Hukum Aqiqah Anak dalam Islam


Hukum aqiqah

Sebelum membahas mengenai hukum catering aqiqah, ada baiknya bila kita mengetahui dan paham terkait hukum melaksanakan aqiqah dalam Islam.

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى

“Artinya: Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur habis rambutnya, dan diberi nama.”

Ada tiga pendapat dari ulama terkait hukum aqiqah yaitu ada yang berpendapat bahwa aqiqah wajib, aqiqah sunnah mu’akkad dan juga aqiqah sunnah. Akan tetapi para ulama kontemporer memfatwakan bahwa aqiqah hukumnya sunnah mu’akkad, yang maksutnya adalah sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Hukum menggunakan aqiqah catering

Lalu, bagaimana hukum aqiqahcatering? Dalam hal ini, hukum menggunakan jasa aqiqah catering diperbolehkan. Sebab Tidak ada dalil dan riwayat yang secara tegas mengatur tentang hal ini. Karena itu, menurut para ulama hewan akikah boleh disembelih di mana saja (tidak harus di tempat anak itu berasal atau dilahirkan dan tidak harus di depan rumah orang tuanya) dan boleh disembelih oleh siapa saja selama yang menyembelih adalah seorang muslim dan mengetahui tata cara penyembelihan hewan aqiqah yang syar'i.

Baca Juga Dalil – Dalil Seputar Aqiqah

Selain itu, tidak diharuskan ada acara khusus terkait dengan akikah. Akikah boleh dilakukan dengan cara langsung memberikan daging kambing yang sudah dimasak kepada kerabat, tetangga, dan kaum dhuafa. Kalaupun mau diadakan acara dengan maksud mengumpulkan anggota keluarga dan mendoakan anak secara khusus, hal itu juga tidak dilarang selama dilaksanakan sesuai dengan tuntunan agama.

Sakinah Aqiqah Surabaya merupakan satu dari banyak jasa aqiqah online yang ada di Surabaya yang mampu dan bisa diandalkan apabila Anda yang bertempat tinggal di Surabaya akan melaksanakan aqiqah dengan bantuan jasa aqiqah online. Hal-hal yang berkaitan dengan promo, harga dan banyak hal lainnya bisa langsung anda konsultasikan secara langsung dengan Sakinah Aqiqah Surabaya di nomor berikut

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar