Dalil dan Hikmah Aqiqah

Pages

Dalil dan Hikmah Aqiqah

Dalil dan Hikmah Aqiqah

Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Empat Hadits shahih menurut Tirmidzi.

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى

“Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh hewan disembelih, dicukur habis rambutnya, dan diberi nama.”

Hadits di atas menjelaskan bahwa setiap anak tergadai dengan akikahnya. Maka sangat dianjurkan bagi orang tua muslim melaksanakan aqiqah pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi. Dan pada hari itu juga, orang tua mencukur rambut serta memberi nama yang bagus.

Baca Juga : Daging akikah diberikan dalam kondisi dan untuk siapa?

Hikmah Aqiqah dalam Islam
  • Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim AS tatkala Allah SWT menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail AS.
  • Hadits dalam sahih Bukhari

مع الغلام عقيقه فأهريقوا عنه دما وأميطوا عنه الأذى
          “Setiap anak bersama aqiqahnya, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah gangguan                    darinya.”
            Dalam aqiqah ini mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu                     bayi yang terlahir.
  • Aqiqah merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah dengan lahirnya sang bayi.
  • Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.


Setelah anda mengetahui dalil dan hikmah aqiqah, tentu anda menjadi punya pedoman yang kuat dalam melaksanakan akikah. Sakinah aqiqah Surabaya merupakan penyedia layanan paket aqiqah Surabaya yang sudah berpengalaman, sehingga paham betul dengan dalil dan hikmah aqiqah. Apabila anda bertempat tinggal di Surabaya dan ingin melaksanakan aqiqah dengan bantuan aqiqah organizer Surabaya, maka jangan ragu untuk langsung menghubungi Sakinah Aqiqah Surabaya. Melayani Aqiqah Surabaya timur, Aqiqah Surabaya utara, dan Aqiqah Surabaya barat.

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305

Indosat/ WA : 085 6488 110 35

Tidak ada komentar :

Posting Komentar