Hukum Menggunakan Layanan Jasa Aqiqah

Pages

Hukum Menggunakan Layanan Jasa Aqiqah

Hukum Menggunakan Layanan Jasa Aqiqah

Munculnya jasa penyedia paket aqiqah tentu saja sangat membantu umat muslim. Umat muslim yang akan melaksanakan aqiqah tidak perlu kerepotan menyiapkan alat dan tempat untuk penyembelihan serta pengolahan. Namun munculnya layanan paket aqiqah ini tentu menimbulkan pertanyaan terkait bagaimana hukum menggunakan jasa aqiqah. Demi ibadah yang afdhol, maka wajib bagi seorang muslim mengetahui bagaimana hukumnya.

Keutamaan aqiqah
Sebelum membahas mengenai hukum layanan jasa aqiqah, akan lebih baik bagi kita bila mengetahui keutamaan dari aqiqah tersebut. Dengan mengetahui apa keutamaan aqiqah, maka kita akan memiliki dasar hukum yang kuat untuk melaksanakan aqiqah.

Perlu diketahui bahwa dalam ajaran Islam, anak yang terlahir di dunia ini merupakan barang gadaian bagi orang tua dan belum bisa dimiliki seutuhnya sebelum orang tua menebusnya melalui aqiqah. Aqiqah lebih afdhol apabila dilaksanakan pada hari ke tujuh dengan menyembelih hewan ternak. Kemudian pada hari itu juga si bayi digunduli dan diberi nama yang bagus. Akan tetapi dalam praktiknya, sekarang ini banyak orang memilih menggunakan bantuan jasa aqiqah untuk mempermudah pelaksanaan aqiqah.


Hukum menggunakan jasa aqiqah
Lantas, bagaimana hukum melaksanakan aqiqah dengan bantuan jasa layanan penyedia aqiqah? Dalam hal ini, hukum menggunakan jasa aqiqah adalah boleh. Tidak ada ketentuan yang melarang tentang ini dan itu, aqiqahpun akan tetap afdhol dan berkah bagi yang melaksanakannya.

Hukum ini diperbolehkan karena pada dasarnya penyedia jasa layanan aqiqah termasuk ke dalam bab taukil atau mewakilkan. Dalam hal ini yang paling utama adalah niat dari muwakil atau orang yang memberikan mandat, sehingga orang yang melakukan penyemembelihan harus mengatasnamakan dirinya sebagai wakil dari muwakil dan harus menyebut nama Allah saat menyembelih.

Perlu diketahui bahwa dasar hukum ini diambil dari qiyas hukum  mengenai qurban. Jika dicermati, dapat diketahui bahwa syarat hewan aqiqah dan qurban adalah sama. Selain itu, dalam pelaksanaan qurban, penyembelihan boleh diwakilkan. Oleh karena dasar hukum tersebut, maka menggunakan layanan jasa cathering untuk acara aqiqah anak sebagai wujud syukur atas lahirnya buah hati menjadi diperbolehkan.

Baca Juga : Dalil dan Hikmah Aqiqah

Meskipun menggunakan jasa penyedia paket aqiqah diperbolehkan, namun Islam memberikan pilihan yang lebih utama untuk dipilih. Adapun pilihan yang lebih utama dalam hal ini adalah dengan menyembelih hewan akikah itu sendiri atau minimal menyaksikan proses penyembelihan. Karena hal ini merupakan syi’ar Islam yang agung dan dapat menjadi contoh yang baik bagi umat muslim lainnya.

Sakinah Aqiqah Surabaya merupakan satu dari banyak jasa aqiqah online yang ada di Surabaya yang mampu dan bisa diandalkan apabila anda yang bertempat tinggal di Surabaya akan melaksanakan aqiqah dengan bantuan jasa aqiqah online. Hal-hal yang berkaitan dengan promo, harga dan banyak hal lainnya bisa langsung anda konsultasikan secara langsung dengan Sakinah Aqiqah Surabaya di nomor berikut

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA : 085 6488 110 35


Tidak ada komentar :

Posting Komentar