WAKTU MEMOTONG RAMBUT BAYI SAAT AQIQAH

WAKTU MEMOTONG RAMBUT BAYI SAAT AQIQAH


WAKTU MEMOTONG RAMBUT BAYI SAAT AQIQAH

Dalam bahasa arab, aqiqah memiliki arti memotong. Menurut para ulama, istilah memotong memiliki dua arti yaitu memotong atau menyembelih hewan ternak dan memotong rambut bayi.

Dalam HR. Baihaqi juz 9, hal. 303 disebutkan bahwa :

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلْعَقِيْقَةُ تُذْبَحُ لِسَبْعٍ وَ ِلاَرْبَعَ عَشْرَةَ وَ ِلاِحْدَى وَ عِشْرِيْنَ. البيهقى 9: 303

Dari ‘Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, dari Nabi SAW beliau bersabda, “Aqiqah itu disembelih pada hari ke-7, atau ke-14, atau ke-21 nya”.

Baca Juga :  Adab Memotong Rambut Bayi Baru Lahir

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa boleh melaksanakan aqiqah pada hari selain hari hari ke-tujuh, yaitu pada hari ke-empat belas dan hari ke-dua puluh satu. Berkaitan dengan hal tersebut, bolehkan mencukur atau memotong rambut bayi pada hari ke-tujuh, akan tetapi peyembelihannya dilaksanakan pada hari ke-dua puluh satu?

Dalam Ensiklopedi Fikih dinyatakan

ذهب الجمهور المالكية والشافعية والحنابلة إلى استحباب حلق شعر رأس المولود يوم السابع, والتصدق بزنة شعره ذهباً أو فضة عند المالكية والشافعية, وفضة عند الحنابلة. وإن لم يحلق تحرى وتصدق به. ويكون الحلق بعد ذبح العقيقة..

Mayoritas ulama di kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hambali berpendapat dianjurkan untuk mencukur rambut bayi pada hari ketujuh, kemudian bersedekah dengan emas atau perak seberat rambut menurut Malikiyah dan Syafiiyah, sementara menurut Hambali, sedekahnya dengan perak saja. Jika bayi tidak dicukur, orang tuanya bisa memperkirakan berat rambutnya dan bersedekah seberat rambut itu. Kemudian mencukur rambut dilakukan setelah menyembelih aqiqah.

Berdasarkan keterangan di atas, penentuan pelaksanaan aqiqah pada hari ke tujuh hukumnya tidak wajib. Demikian pula dengan waktu pemotongan rambut bayi dan penyembelihan kambingaqiqah boleh dilaksanakan dalam waktu yang tidak bersamaan.

CALL CENTER SAKINAH AQIQAH SURABAYA

Telkomsel      : 085 1050 200 60
XL                  : 08785 333 0305
Indosat/ WA  : 085 6488 110 35

Tidak ada komentar :

Posting Komentar